PERENCANAAN STRUKTUR JALAN DENGAN RIGID PAVEMENT DAN EVALUASI PENURUNAN BADAN JALAN RUAS JALAN SEMARANG - DEMAK

Iriandi, Dwiono (2024) PERENCANAAN STRUKTUR JALAN DENGAN RIGID PAVEMENT DAN EVALUASI PENURUNAN BADAN JALAN RUAS JALAN SEMARANG - DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of 231003222011901-TA - Dwiono Iriandi.pdf] Text
231003222011901-TA - Dwiono Iriandi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jalan merupakan akses utama untuk kelancaran lalu lintas disuatu daerah, seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah maupun nasional, menyebabkan volume lalu - lintas kendaraan menjadi bertambah dari tahun ke tahun. Dengan padatnya arus lalu lintas , beban jalan yang diterima akan semakin besar sehingga jalan akan mengalami penurunan kekuatan struktur. Ruas jalan Semarang - Demak merupakan jalur penghubung yang mempunyai peran penting dalam mendukung laju pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dan Nasional. Ruas Semarang - Demak mempunyai kondisi eksisting jalan yang sering mengalami penurunan, hal ini dikarenakan daya dukung tanah pada ruas tersebut terbilang kurang, dan juga di akibatkan kondisi geografis berupa area persawahan/ bekas
sawah dan juga sering terendam pasang naik air laut . Melihat permasalahan tersebut, maka pada ruas jalan Semarang - Demak tersebut perlu adanya evaluasi penurunan badan jalan disertai dengan peningkatan struktur jalan yang lebih kuat
yaitu dengan menggunakan perencanaan perkerasan kaku. Dari latar belakang tersebut, maka pada ruas jalan Semarang - Demak dilakukan perencanaan peningkatan struktur jalan agar struktur jalan dapat menahan beban kendaraanyang melewati ruas jalan tersebut.

============================================================

Roads are the main access for smooth traffic in an area, along with the increasing economic growth of Central Java and nationally, causing the volume of vehicle traffic to increase from year to year. With dense traffic flow, the road load received will be greater so that the road will experience a decrease in structural strength. The Semarang - Demak road section is a connecting route that has an important role in supporting the economic growth rate of Central Java and the National. The Semarang - Demak section has existing road conditions that often experience declines, this is because the carrying capacity of the soil on the section is somewhat lacking, and also due to geographical
conditions in the form of rice fields / former rice fields and also often submerged by high tides. Seeing these problems, on the Semarang - Demak road section, it is
necessary to evaluate the decline of the road body accompanied by an improvement in a stronger road structure, namely by using rigid pavement planning. From this background, on the Semarang - Demak road section,
planning is carried out to improve the road structure so that the road structure can withstand the weight of vehicles passing through the road section.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ruas jalan, Semarang - Demak, struktur jalan, beban kendaraan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - S1 Teknik Sipil
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:33
Last Modified: 14 Aug 2024 04:33
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item
View Item