INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DALAM PERSPEKTIF HUMANIORA

Sony, Junaedi (2023) INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DALAM PERSPEKTIF HUMANIORA. In: INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DALAM PERSPEKTIF HUMANIORA. PENERBIT UNTAG PRESS. ISBN 978-623-88445-9-3

[thumbnail of BOOK CHAPTER_INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DALAM PERSPEKTIF HUMANIORA.pdf] Text
BOOK CHAPTER_INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DALAM PERSPEKTIF HUMANIORA.pdf

Download (684kB)

Abstract

Teknologi dalam dunia pendidikan berevolusi sangat maju dan cepat salah satunya adalah penggunaan AI Speech Recognition (Pengenalan Ucapan Berbasis Kecerdasan Buatan) dalam pembelajaran pronunciation Bahasa Inggris. Teknologi bertujuan untuk memungkinkan komunikasi verbal antara manusia dan mesin, serta untuk memfasilitasi interaksi manusia dengan berbagai perangkat dan aplikasi melalui pengenalan suara sehingga ini memberikan manfaat positif terhadap pembelajaran pronunciation Bahasa Inggris bagi siswa, mahasiswa, guru maupun dosen. Namun dalam penggunaannya masih muncul tantangan dan permasalahan salah satunya adalah kekurangan interaksi manusia dimana teknologi ini bukanlah pengganti untuk interaksi manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan teknologi AI Speech Recognition dalam pembelajaran pronunciation Bahasa Inggris, dampak positif penggunaannya, dan tantangan dan
permasalahan dalam penggunaanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur atau studi kepustakaan. Hasil
penelitian ini adalah Penggunaan AI Speech Recognition memiliki potensi besar dalam membantu pembelajaran pronunciation Bahasa Inggris pada saat ini tetapi teknologi ini belum sempurna dan masih memiliki keterbatasan, AI Speech Recognition tidak bisa menggantikan peran penting guru atau dosen dalam pembelajaran, dan Secara umum bahwa penggunaan AI Speech Recognition dalam pembelajaran pronunciation Bahasa Inggris masih memerlukan penyesuaian dan pengembangan lebih lanjut untuk meminimalkan tantangan dan masalah yang dihadapi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kombinasi atau integrasi yang tepat antara teknologi dan interaksi atau pengajaran manusia sangat penting untuk memastikan pendekatan pembelajaran yang holistik dan efektif sehingga dapat memberikan hasil terbaik dalam pengajaran Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Humaniora 29 bahasa secara umum dan secara khusus pada pengajaran pronunciation Bahasa Inggris di era pembelajaran yang inovatif dan adaptif

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: AI, Speech Recognition, pembelajaran Pronunciation Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa & Budaya
Depositing User: Badan Perpustakaan Pusat -
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:44
Last Modified: 22 Aug 2024 06:57
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item
View Item