ANALISA PERBANDINGAN PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) ANTARA METODE NAASRA 1987 DENGAN METODE PD T-14-2003 PADA RUAS JALAN PATI – SUKOLILO STA 090+000 s/d STA 092+000 KABUPATEN PATI

Rohmatussholihah, Dina (2025) ANALISA PERBANDINGAN PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) ANTARA METODE NAASRA 1987 DENGAN METODE PD T-14-2003 PADA RUAS JALAN PATI – SUKOLILO STA 090+000 s/d STA 092+000 KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of REPOSITORY - DINA ROHMATUSSHOLIHAH - Erika Septia.pdf] Text
REPOSITORY - DINA ROHMATUSSHOLIHAH - Erika Septia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ruas Jalan Pati Sukolilo merupakan jalan provinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Pati dengan Kabupaten Purwodadi. Pembangunan jalan merupakan upaya untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan mobilitas, baik dalam aspek ekonomi maupun sosial, secara efisien dan cepat. Tingginya arus lalu lintas mengakibatkan terjadinya kerusakan dibeberapa titik pada ruas jalan sehingga berdampak pada tingginya angka kecelakaan. Dengan demikian penentuan jenis konstruksi yang sesuai spesifikasi sangat
berperan penting untuk mencapai kualitas yang baik seta kenyamanan bagi pengguna jalan.

Dalam hal ini, perkerasan kaku (Rigid Pavement) dipilih sebagai jenis perkerasan jalan yang direncanakan untuk peningkatan jalan pada Ruas Jalan Pati – Sukolilo STA 090+000 s/d STA 092+000 di Kabupaten Pati. Adapun dua metode yang akan digunakan untuk menentukan tebal perkerasan jalan sehingga mendapatkan volume untuk anggaran biaya yang
direncanakan pada masing-masing metode. Pada penelitian ini pada CBR tanah dasar 7,9 % didapatkan hasil perhitungan pada metode NAASRA 1987 dengan JSKN rencana 1,93 x 107 ketebalan beton 200 mm sedangkan metode PD T-14-2003 dengan JSKN rencana 2,01 x 107 ketebalan beton 230 mm, dengan tebal pondasi bawah 125 mm, penulangan memanjang D12 – 250 mm serta penulangan melintang D10 – 250 mm. dimensi drainase saluran samping dengan lebar 1,1 m dan tinggi 0,9 m dengan tinggi jagaan 0,2 m. Rencana anggaran biaya untuk metode NAASRA 1987 sebesar Rp. 12.743.392.000,- dan metode PD T-14-2003 sebesar Rp. 13.168.974.000,-

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Kaku, Metode NAASRA 1987, Metode PD T-14-2003.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - S1 Teknik Sipil
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Mar 2025 06:32
Last Modified: 08 Mar 2025 06:32
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item
View Item