ANALISIS KINERJA DAN KAPASITAS JALAN BRIGEN KATAMSO SURAKARTA

Yuliani, Risma (2025) ANALISIS KINERJA DAN KAPASITAS JALAN BRIGEN KATAMSO SURAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of 201003222011217-TUGAS AKHIR ANALISIS KINERJA DAN KAPASITAS JALAN BRIGJEN KATAMSO SURAKARTA - 1217_Risma Yuliani_D.pdf] Text
201003222011217-TUGAS AKHIR ANALISIS KINERJA DAN KAPASITAS JALAN BRIGJEN KATAMSO SURAKARTA - 1217_Risma Yuliani_D.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kelurahan Mojosongo adalah sebuah kelurahan di kecamatan Jebres Kota Surakarta terletak paling utara di Kota Surakarta. Kelurahan Mojosongo merupakan sentra Industi Kerajinan Sangkar Burung yang memasok ke seluruh kota di
Indonesia. Dengan makin berkembangnnya wilayah ini maka tingkat kesejahteraan meningkat maka hal ini berdampak pada meningkatnya mobilitas masyarakat. Dengan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, maka meningkat pula arus lalu lintas di jalan – jalan utama Kelurahan Mojosongo. Metode penelitian dilakukan dengan survey untuk mendapatkan data primer. Setelah itu, data dianalisis berdasarkan MKJI
(Manual Kapasitas Jalan Indonesia)1997 . Dari hasil survey jalan Brigjen Katamso memiliki volume pada jam puncak pagi sebesar 1659,3 smp/jam, pada jam puncak siang sebesar 1609,2 smp/jam, pada jam puncak sore sebesar 1786,2 smp/jam.
Sedangkan hasil perhitungan kapasitas jalan diperoleh jumlah kapasitas maksimum sebesar 1965,42 smp/jam. Terjadinya kecepatan di jalan Brigjen Katamso, penurunan kecepatan adalah sebesar 27,66 %, dari kecepatan arus rencana (FV= 30,38 km/jam < FVo = 42 km/jam). Penilaian kinerja di jalan Brigjen Katamso saat ini kurang mampu melayani volume, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan derajat kejenuhan (Degree of Saturation) yaitu sebesar 0,84 pada jam puncak pagi , 0,82 pada jam puncak siang, 0,91 pada jam puncak sore, sedangkan batas maksimum kinerja jalan yang ideal yaitu memiliki nilai DS < 0,75. Dari hasil analisis Jam Puncak Pagi diperoleh tingkat pelayanan dengan kategori D, yaitu Arus mendekati tidak stabil, volume lalu lintas tinggi, kecepatan masih di tolerir namun sangat dipengaruhi
oleh perubahan kondisi arus lalu lintas. Pada jam puncak siang diperoleh tingkat pelayanan dengan kategori D, yaitu Arus mendekati tidak stabil, volume lalu lintas tinggi, kecepatan masih di tolerir namun sangat dipengaruhi oleh perubahan kondisi arus lalu lintas. Pada jam puncak sore diperoleh tingkat pelayanan dengan kategori nilai E yang berarti Kecepatan lalu lintas sangat rendah karena hambatan interval lalu lintas tinggi, Pengemudi mulai merasakan kemacetan- kemacetan durasi pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Derajat Kejenuhan, Kecepatan Arus Bebas, Kapasitas Jalan, MKJI 1997
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - S1 Teknik Sipil
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 12 Mar 2025 04:13
Last Modified: 12 Mar 2025 04:13
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item
View Item