Mochamad, Hangga Novian PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN DEMAK. Discussion Paper. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.
![[thumbnail of Laporan MPA M. Hangga Novian.docx]](http://repository.untagsmg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan MPA M. Hangga Novian.docx
Download (450kB)
Abstract
Manusia dituntut dapat menggunakan teknologi dan mampu memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, maupun perkembangan teknologi yang akan datang. Hal ini juga harus diikuti oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Demak Jawa Tengah. Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM Kabupaten Demak mencatat setidaknya ada penambahan jumlah UMKM di Demak pada tahun 2020 sebanyak 13% dari total sebelumnya di tahun 2019 sekitar
26.000 UMKM. Dunia digital mengalami perubahan yang sangat signifikan pada aktifitas binis dan akan mempengaruhi sektor perekonomian di Indonesia. Digitalisasi tersebut juga harus diimbangi dengan kemampuan dan pengetahuan para pelaku UMKM untuk pengembangan usaha mereka. Peneliti bermaksud menelaah pengembangan UMKM dari tinjauan pemasaran digital dan kualitas sumber daya manusia pada UMKM yang berada di Kabupaten Demak. Tipe penelitian adalah eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Demak dengan jumlah sampel 100 orang responden. Teknik pengumpulan tada dengan menggunakan observasi, interview, quesioner dan tinjauan pustaka. Sedangkan untuk teknik pengolahan data melalui prodes editing, koding, dan tabulasi setelah itu di analisa dengan teknik analisa data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan penggunaan teknik random sampling yaitu proportional random sampling. jenis data yang digunakan adalah data primer dan data skunder, dimana pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Adapun pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus statistik prodak momen dan polerasi ganda. Hasil penelitian adalah (1) tingkat pemasaran digital pada UMKM di Kabupaten Demak tinggi dengan skor 74,35% (2) Kualitas sumber daya manusia pada UMKM di Kabupaten Demak termasuk kategori tinggi 73,75 %, (3) Tingkat pengembangan UMKM di Kabupaten Demak kategori sangat tinggi dengan skor 77,77%, (4) Ada pengaruh pemasaran digital terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Demak dengan rh > rt atau 0,617 > 0,195, (5) ada pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Demak dengan rh > rt atau 0,790 > 0,195, (6) ada pengaruh pemasaran digital dan kualitas sumber daya manusia terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Demak sebesar 0,815 dan seletah di uji dengan Fh > Ft atau 95,95 > 3,09, (7) sumbangan Variabel pemasaran digital dan sumber daya manusia terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Demak sebesar 66,40% sedangkan 33,60% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.
Item Type: | Monograph (Discussion Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemasaran digital, kualitas sumber daya manusia dan pengembangan UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63211 - S1 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik |
Date Deposited: | 13 May 2025 07:50 |
Last Modified: | 13 May 2025 07:50 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1661 |