KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KALIBOJA, KECAMATAN PANINGGARAN, KABUPATEN PEKALONGAN

Maimunah, Siti (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KALIBOJA, KECAMATAN PANINGGARAN, KABUPATEN PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of siti maimunah-tesis.pdf] Text
siti maimunah-tesis.pdf

Download (512kB)

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan berkualitas dihasilkan oleh kepemimpinan kepala sekolah berkualitas pula, kepala sekolah berkualitas adalah yang profesional. Kepala sekolah mempunyai keterlibatan yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah. Hal ini hanya dapat dilakukan oleh kepala sekolah yang professional. Kepala sekolah yang profesional dalam melaksanakan tugasnya penuh dengan strategi-strategi peningkatan mutu, sehingga menghasilkan output dan outcome yang bermutu. Profesionalisme kepala sekolah akan menunjukkan mutu kinerja sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis bagaimana pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah, 2) Menganalisis faktor-faktor pendukung dan faktor faktor kendala kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah,
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari informasi, tempat dan aktivitas kegiatan kepemimpinan kepala sekolah, serta dokumen. Teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan mencatat dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan menerapkan trianggulasi sumber, trianggulasi metode. Teknik analisis data berupa teknik analisis interaktif yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing yang saling berinteraksi
Hasil penelitian berupa pokok-pokok temuan yaitu: 1) Kepala sekolah SD Negeri 01 Kaliboja dalam menjalankan kepemimpinannya telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator dengan berhasil baik. Selain itu Kepala sekolah SD Negeri 01 Kaliboja memiliki tekad, semangat, kompetensi diri, serta suatu keberanian untuk menggunakan kekuatan (Strength), menghadapi hambatan (Weaknesses), memanfaatkan peluang (Opportunities), dan menghadapi tantangan (Threats), disamping itu juga memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan dengan stakeholder yang ada. Dalam pencapaian prestasi, sekolah membuat berbagai program yang dikemas melalui pembinaan dan kegiatan bersifat intra maupun ekstra kurikuler juga melalui bimbingan karier seperti. Prestasi sekolah SD Negeri 01 Kaliboja sangat baik ditandai dengan prestasi akademik maupun non akademik di tingkat Kecamatan maupun kabupaten yang cukup baik. Selain itu adanya pengakuan masyarakat yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mendaftar serta partisipasi masyarakat dalam memberikan bantuan demi kemajuan sekolah dan pemenuhan sarana prasarana yang ada. 2) Dalam mengatasi berbagai kendala-kendala yang ada, Kepala sekolah SD Negeri 01 Kaliboja mengadakan koordinasi dengan stakeholder yang ada, pelatihan, diklat, penataran, workshop, supervisi, rapat-rapat sekolah, rapat komite, menghadirkan nara sumber, mengadakan bimbingan dan pemenuhan sarana prasarana sehingga kendala yang ada tidak mengganggu jalannya program sekolah yang dibuat.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63101 - S2 Administrasi Publik
Depositing User: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Date Deposited: 14 May 2025 06:49
Last Modified: 14 May 2025 06:49
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item
View Item