PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROFESIONALISME DOSEN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG

Nurchayati, Nurchayati PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROFESIONALISME DOSEN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG. Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang.

[thumbnail of 2012, Nurchayati, Persepsi Mahasiswa terhadap profesi akuntan.pdf] Text
2012, Nurchayati, Persepsi Mahasiswa terhadap profesi akuntan.pdf - Published Version

Download (121kB)
[thumbnail of 2012, Nurchayati, Persepsi Mahasiswa terhadap profesi akuntan.pdf] Text
2012, Nurchayati, Persepsi Mahasiswa terhadap profesi akuntan.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara empiris menguji kembali penelitian yang dilakukan oleh Mas’ud Machfoedz (1999), yang meneliti mengenai Studi Persepsi Mahasiswa Terhadap Profesionalisme Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi tahun 1999. Responden penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Sampel berdasarkan Purposive sampling dengan kriteria mahasiswa semester 7 berjumlah 40 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial Regresi Linear Berganda. Hasil analisa deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung menyatakan keahlian (skill), pengetahuan (knowledge) dan karakter (character) dosen akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Semarang adalah tinggi serta Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa adalah 3 – 3,4. Regresi linier berganda diperoleh persamaan : Y = 2,718 + 0,349 Skill + 1,013 Knowledge + 0,17 Character + ε. Uji hipotesis secara parsial dengan α = 0,05, diperoleh hasil bahwa keahlian (skill) dosen akuntansi mempunyai pengaruh positif terhadap IPK mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai ρ = 0,023 dengan koefisien regresi 0,349. Pengetahuan (knowledge) juga mempunyai pengaruh positif terhadap IPK mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai ρ = 0,024 dengan koefisien regresi 1,013. Namun, Karakter tidak mempunyai pengaruh terhadap IPK mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai ρ = 0,634.Uji hipotesis secara simultan dengan α = 0,05, diperoleh hasil bahwa keahlian (skill), pengetahuan (knowledge) dan karakter dapat menjelaskan IPK mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai ρ = 0,030 dan Adjusted R2 = 0,152

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Keahlian, Pengetahuan, Karakter, Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomika & Bisnis
Depositing User: Badan Perpustakaan Pusat -
Date Deposited: 16 Dec 2023 02:10
Last Modified: 05 Apr 2024 03:10
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item
View Item