KAMILA ADDINI, FADLILA (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BATIK TULIS JASMINE KHAS GROBOGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG.
KAMILA ADDINI.docx
Download (861kB)
Abstract
Batik merupakan suatu karya seni yang menggabungkan banyak manfaat unsur ornament pada kain dengan berbagai proses. Dalam perkembangannya yang awalnya batik dibuat dengan cara tulis kemudian cap hingga printing yang memanfaatkan teknologi. Batik dalam konsep kejawen lebih banyak berisikan konsep-konsep spiritual yang terwujud dalam bentuk makna-makna simbolik. Di Indonesia, batik menjadi salah satu ikon dan aset negara dengan corak dan motif yang unik dan khas tersebut. Seni lukis batik yang ditampilkan mampu mengungkapkan ekspresi pada penciptanya. Penelitian bermaksut menelaah Kepuasan Konsumen dari tinjauan Kualitas Produk dan Harga Produk pada Batik Tulis Jasmine. Tipe penelitian adalah eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah para pembeli di Batik Tulis Jasmine Khas Grobogan baik wanita ataupun laki-laki telah melakukan pembelian di Batik Jasmine tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan untuk teknik pengolahan data melalui proses editing, coding dan tabulasi, setelah itu dianalisa dengan teknik analisa data kuantitatif. Teknik penarikan sampel dengan penggunakan teknik non random sampling yaitu sampling aksidental. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dimana pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Adapun pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus statistic Product Moment dan Kolerasi Ganda. Hasil Penelitian adalah (1) Tingkat Kualitas produk pada Batik Tulis Jasmine sangat tinggi dengan skor 94%, (2) Harga Produk pada Batik Tulis Jasmine termasuk kategori sangat tinggi dengan skor 91%, (3) Tingkat kepuasan konsumen di Batik Tulis Jasmine kategori sangat tinggi dengan skor 89%, (4) Ada pengaruh Kualitas Produk terhadap kepuasan konsumen di Batik Tulis Jasmine dengan rh > rt atau 1,4729 > 0,1638, (5) Ada pengaruh Harga Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Batik Tulis Jasmine rh > rt atau 0,2349 > 0,1638. (7) Sumbangan Variabel Kualitas Produk dan Harga Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Batik Tulis Jasmine sebesar 22,19% sedangkan 77,81% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Harga Produk, dan Kepuasan Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63211 - S1 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik |
Date Deposited: | 17 May 2024 07:29 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:01 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/505 |