Kemmala, Dewi and Wulan, Valenzya ANALISA KINERJA PELAYANAN BRT TRANS SEMARANG (Study Kasus: Trayek Mangkang- Penggaron). Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.
Full Text & Turnitin_ANALISA KINERJA PELAYANAN BRT TRANS SEMARANG.pdf
Download (2MB)
Abstract
Transportasi mempunyai peranan sangat penting dalam mendukung mobilitas masyarakat dan barang. Peningkatan mobilitas harus di imbangi dengan infrastruktur. Peningkatan jumlah dan mobilitas masyarakat yang tidak diimbangi dengan infrastruktur yang memadai bisa menimbulkan masalah transportasi. Transportasi umum (public transport) yang sudah beroperasi di Kota Semarang saat ini terdiri dari berbagai macam seperti angkutan mobil penumpang, bus DAMRI, dan alat transportasi massal berbasis jalan yakni Bus Rapid Transit (BRT). Angkutan umum ini diharapkan mampu menangani kendala kemacetan dan jumlah kendaraan yang semakin padat yang tidak diimbangi dengan ruas jalan yang tersedia. Penelitian / kajian yang pernah dilakukan terkait topik Tugas Akhir ini, yaitu Evalusai Kinerja Pelayanan BRT Semarang Rute MangkangPenggaron. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dari pengamatan yang dilakukan untuk Trayek Mangkang-Penggaron dengan panjang rute ± 20 km nilai Load Factor yang didapat pada hari Senin Load factor sebesar 0,6 dihari rabu sebesar 0,8 dan pada hari sabtu sebesar 0,9 dengan Standar Departemen Perhubungan sebesar 06 -0.8. Dengan kecepatan
Rata- rata perharinya sebesar 25.63 dihari senin, 27.02 dihari rabu dan 26.15 dihari sabtu dengan standar Departemen Perhubungan sebsesar 20 KM/Jam. maka dapat dikatakan bahwa BRT sudah cukup optimal dalam melayani pergerakan penumpang. Selain itu headway yang terjadi secara keseluruhan sudah cukup baik memenuhi standard dari SK.Dirjen 687 Tahun 2002. Meskipun waktu tunggu belum optimal yaitu sebesar 4 menit. Hasil dari penelitian ini adalah perlu dilakukan perbaikan yaitu mengutamakan ketepatan waktu dan kedisiplinan pegawai untuk melayani kebutuhan masyarakat. Penambahan jumlah armada BRT di jam pucak agar mengurangi over load penumpang. Lalu untuk peningkatan kualitas pelayanan, sebaiknya di setiap shelter diberikan petunjuk kedatangan bus seperti Running text yang menunjukkan posisi bus agar pengguna mengerti waktu kedatangan dan Untuk menambah flexibilitas daya jelajah angkutan BRT, kemudian pentingnya
pengadaan handsanitizer di halte dan di BRT disaat pandemi sekarang ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Kinerja Pelayanan BRT Semarang Rute Mangkang – Penggaron |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Badan Perpustakaan Pusat - |
Date Deposited: | 23 May 2024 09:35 |
Last Modified: | 23 May 2024 09:35 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/764 |