Kusumaningrum, Anggraeni Endah and UNSPECIFIED (2019) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PEMENUHAN HAK KELUH PASIEN ATAS PELAYANAN RUMAH SAKIT. Simposium Hukum Indonesia, 1 (1). pp. 484-495. ISSN 2686 - 150X
6359-15281-1-SM (1).pdf - Published Version
Download (377kB)
IMPLEMENTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PEMENUHAN HAK KELUH PASIEN ATAS PELAYAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB)
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pemanfaatan tehnologi informasi terhadap pemenuhan hak keluh pasien atas pelayanan rumah sakit. Rumah Sakit dan pasien adalah subjek hukum yang saling berhubungan,sehingga masing-masing mempunyai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Hal yang menarik dari pengaturan hak dan kewajiban yang dimiliki pasien adalah hak keluh atas pelayanan rumah sakit. Hak untuk mengeluh atas pelayanan rumah sakit ini dilindungi oleh undang undang. Metode penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif melalui pendekatan perundang-undangan,yang akan analisa melalui analisa kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa pada saat yang lalu keluhan pasien atas pelayanan rumah sakit seringkali di sampaikan secara langsung atau melalui kotak saran yang disediakan. Namun dengan berkembangnya tehnologi informasi saat ini menjadikan pasien kadang menyalurkan keluhannya melalui media baik cetak atau elektronik . Keluhan pasien yang disampaikan melalui tehnologi informasi utamanya media elektronik akan dengan mudah di ketahui oleh publik, hal ini tentu akan sangat merugikan terkait dengan nama baik dan kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu ada pengaturan penyampaian hak keluh pasien melalui tehnologi informasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Fakultas Hukum S2 |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 10:17 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 10:17 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/839 |