Larasati, Aninda Ayu (2025) ANALISA OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRASHING PADA PEKERJAAN JEMBATAN JUMOK. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.
![[thumbnail of ANINDA AYU LARASATI_231003222011831 - 23.1831_B_Aninda Ayu.pdf]](http://repository.untagsmg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANINDA AYU LARASATI_231003222011831 - 23.1831_B_Aninda Ayu.pdf
Download (437kB)
Abstract
Keterlambatan suatu proyek sering kali diakibatkan kurangnya baiknya penjadwalan, pengendalian serta faktor tidak terduga maka dari itu diperlukan optimasi agar penyelesaian proyek tidak terlambat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besarnya waktu dan biaya yang dibutuhkan jika dilakukan optimasi (crashing program) dengan penambahan jam kerja, serta mengetahui waktu dan biaya yang paling optimal pada durasi crashing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode crashing merupakan proses yang sistematis untuk menganalisa peristiwa kegiatan pekerjaan dalam suatu proyek yang dipusatkan pada jalur kritis untuk menentukan kegiatan yang dapat dipercepat dengan menggunakan variable cost agar mendapat durasi yang maksimal dan ekonomis. Produktivitas tenaga kerja merupakan perbandingan antara input yang berupa jam kerja dan output yang berupa unit hasil pekerjaan. Hasil dari analisis
optimasi menggunakan metode crashing dengan penambahan jem kerja (lembur) adalah pada durasi lembur 2 jam didapatkan durasi sebesar 16 hari kalender 1% atau lebih cepat dari durasi normal proyek, dari nilai pekerjaan Rp.752.752.485,33
dan biaya total crashing jam sebesar Rp. 753.510.075,19 atau terjadi kenaikan biaya 0,10%; pada durasi lembur 4 jam didapatkan durasi sebesar 15 hari kalender 1% atau lebih cepat dari durasi normal proyek, dan nilai kontrak proyek sebesar Rp 752.752.485,33 dengan total biaya sebesar Rp. 754.680.753,63 atau terjadi penghematan biaya sebesar 0,26%. Waktu dan biaya paling optimal dan efisien yaitu pada penambahan jam kerja lembur 2 jam kerja dengan durasi 16 hari dan total biaya sebesar Rp. 753.510.075,19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | optimasi waktu biaya, metode crashing, biaya optimal. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 05:12 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 05:12 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1585 |