VANKA, RIZKYKA PUTRI (2023) PENGARUH PEMASARAN ONLINE DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE (Studi Pada Produk Herbal di UMKM KUPAT Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG.
VANKA RIZKYKA PUTRI.docx
Download (30kB)
Abstract
Komunitas UMKM Pati (KUPAT) merupakan kelompok para pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Pati. Komunitas UMKM Pati ini memiliki tujuan membentuk para pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Pati dapat berpotensi dan diakui keberadaannya atas kreativitas kancah Kabupaten, Provinsi, Nasional, maupun Internasional dengan harapan para pelaku UMKM mampu berinovasi dalam peningkatan nilai ekonomi daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran online dan orientasi pasar terhadap competitive advantage pada produk herbal yang dijual di Komunitas UMKM Pati (KUPAT). Tipe penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini diambil secara sampel jenuh yaitu seluruh pelaku UMKM yang masuk dalam fokus pelaku UMKM produk herbal sebanyak 27 pelaku usaha. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan rumus statistic Product Moment dan Korelasi Ganda. Hasil penelitian adalah (1) Tingkat pemasaran online termasuk dalam kategori sedang dengan skor 74,39%. (2) Tingkat orientasi pasar termasuk dalam kategori tinggi dengan skor 89,04%. (3) Tingkat competitive advantage termasuk dalam kategori tinggi dengan skor 86,68%. (4) Terdapat pengaruh pemasaran online terhadap competitive advantage pada produk herbal UMKM KUPAT Kabupaten Pati rh > rt 5% (0,4316 > 0,381). (5) Terdapat pengaruh orientasi pasar terhadap competitive advantage pada produk herbal UMKM KUPAT Kabupaten Pati rh > rt 5% (0,4089 > 0,381). (6) Adanya pengaruh pemasaran online dan orientasi pasar terhadap competitive advantage pada produk herbal UMKM KUPAT Kabupaten Pati dengan korelasi 0,5480 dan setelah diuji dengan Freg > Ftabel (5,1506 > 3,422).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Online, Orientasi Pasar, Competitive Advantage |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63211 - S1 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik |
Date Deposited: | 21 May 2024 11:26 |
Last Modified: | 21 May 2024 11:26 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/694 |