DELLA ARI, FEBIYANA and ', PARJU (2024) PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR PADA BEI TAHUN 2018 - 2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG.
COVER SKRIPSI_DELLA ARI FEBIYANA.pdf
Download (723kB)
PENGESAHAN_DELLA ARI FEBRIYANA.pdf
Download (126kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial leverage, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Metode penentuan sampel yaitu menggunakan metode jenuh. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengaplikasikan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskripsi, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, koefisien determinasi, pengujian model dan uji hipotesis (Uji T). Berdasarkan hasil uji t, financial leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba, pertumbuhan penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, dan ukuran perusahaan berpengaruh negative tidak signifikan terhadap manajemen laba.
Kata kunci: manajemen laba, financial leverage, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomika & Bisnis > 62201 - S1 Akuntansi |
Depositing User: | Fakultas Ekonomika & Bisnis |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 05:58 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 05:58 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/879 |