PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Ventela Di Kota Semarang)

RIZAL ARMADANI JAYA, PUTRA and GITA, SUGIYARTI (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Ventela Di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG.

[thumbnail of COVER SKRIPSI_RIZAL ARMADANI JAYA PUTRA.pdf] Text
COVER SKRIPSI_RIZAL ARMADANI JAYA PUTRA.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of PENGESAHAN_RIZAL ARMADANI JAYA PUTRA.pdf] Text
PENGESAHAN_RIZAL ARMADANI JAYA PUTRA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel celebrity endorser, electronic word of mouth, dan brand image terhadap minat beli masyarakat kota Semarang pada produk sepatu Ventela. Populasi penelitian adalah remaja akhir usia 20-24 tahun di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan convenience sampling. Jumlah sampel responden adalah 100 orang, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Pengolahan data menggunakan analisis SEM PLS sebagai teknik analisis data, yaitu smartPLS 3 sebagai alat mengolah data. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara langsung celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, electronic word of mouth positif tetapi tidak signifikan terhadap brand image, celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepatu Ventela di kota Semarang. Berdasarkan uji mediasi pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli dengan brand image sebagai variabel intervening positif dan signifikan, sedangkan brand image Ventela tidak dapat memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen secara positif dan tidak signifikasn.

Kata Kunci : minat beli, celebrity endorser, electronic word of mouth, dan brand image

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomika & Bisnis > 61201 - S1 Manajemen
Depositing User: Fakultas Ekonomika & Bisnis
Date Deposited: 08 Jun 2024 07:07
Last Modified: 08 Jun 2024 07:07
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item
View Item