ANALISIS KINERJA DAN KAPASITAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN AKIBAT AKTIVITAS PASAR PROJO AMBARAWA

Achmad, Fandy (2024) ANALISIS KINERJA DAN KAPASITAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN AKIBAT AKTIVITAS PASAR PROJO AMBARAWA. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of 201003222011354-TA - 1354_Fandy Achmad.pdf] Text
201003222011354-TA - 1354_Fandy Achmad.pdf

Download (507kB)

Abstract

Pasar Projo Ambarawa berlokasi di jalan Jend. Sudirman , Kupang Dalangan , Kupang , Kec Ambarawa. Dimana jalan ini sebelumnya merupakan jalan nasional penghubung Semarang
– Yogyakarta. Saat ini merupakan jalan Kabupaten , dengan lebar total 10 meter ,terdiri 2 arah dengan lebar masing-masing arah adalah 5 meter, dilengkapi dengan lebar median 0,50 m. Saat ini jalan Jend. Sudirman memiliki trotoar dengan lebar trotoar sekitar 1,5 meter yang sudah di
paving dan di lengkapi kursi-kursi taman serta lampu-lampu jalan yang artistik. Karena merupakan merupakan jalur penghubung Kota Semarang – Kota Yogyakarta dan banyaknya
lokasi wisata yang melalui jalan ini untuk mencapainya , menjadikan jalan Jend.Sudirman ini sangat ramai dan macet terutama pada hari libur. Metode penelitian dilakukan dengan survey untuk mendapatkan data primer. Setelah itu, data dianalisis berdasarkan MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia)1997 .Dari hasil survey jalan Jend. Sudirman Ambarawa memiliki volume pada jam puncak pagi sebesar 1472,2 smp/jam, pada jam puncak siang sebesar 1327,4 smp/jam, pada jam puncak sore sebesar 1498,8 smp/jam .Sedangkan hasil perhitungan kapasitas jalan diperoleh jumlah kapasitas maksimum sebesar 1715,64 smp/jam. Terjadinya kecepatan di
jalan Jend. Sudirman Ambarawa, penurunan kecepatan adalah sebesar 35,47 %. , dari kecepatan arus rencana ( FV= 35,49 km/jam < 0,75 Dari hasil analisis diperoleh tingkat pelayanan dengan kategori nilai E yang berarti Kecepatan lalu lintas sangat rendah karena hambatan interval lalu
lintas tinggi, Pengemudi mulai merasakan kemacetan- kemacetan durasi pendek. Pada jam puncak siang diperoleh tingkat pelayanan dengan kategori D , yaitu Arus mendekati tidak stabil , volume lalu lintas tinggi , kecepatan masih di tolerir namun sangat dipengaruhi oleh perubahan kondisi arus lalu lintas. Kepadatan lalu lintas sedang , fluktuasi volume lalu lintas dan hambatan lalu lintas internal dan hambatan temporer dapat menyebabkan penurunan kecepatan yang besar.

Sedangkan pada jam puncak sore diperoleh tingkat pelayanan dengan kategori nilai E yang berarti Kecepatan lalu lintas sangat rendah karena hambatan interval lalu lintas tinggi,
Pengemudi mulai merasakan kemacetan- kemacetan durasi pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Derajat Kejenuhan, Kecepatan Arus Bebas, Kapasitas Jalan, MKJI 1997
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - S1 Teknik Sipil
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:07
Last Modified: 09 Aug 2024 03:35
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item
View Item