Widianto, Dwi Putra Daru (2025) ANALISIS KAPASITAS SIMPANG TIGA SEKARAN GUNUNGPATI, SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.
![[thumbnail of Repository - Dwi Putra Daru Widianto - Dwi Putra Daru Widianto.pdf]](http://repository.untagsmg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Repository - Dwi Putra Daru Widianto - Dwi Putra Daru Widianto.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas simpang dan kebutuhan pemasangan lampu lalu lintas di simpang tiga Sekaran, Kota Semarang. Simpang tiga ini saat ini tidak dilengkapi dengan lampu lalu lintas, sehingga menyebabkan kinerja lalu lintas yang kurang optimal, terutama pada jam sibuk. Analisis dilakukan menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur derajat kejenuhan dan
menentukan durasi fase lampu lalu lintas yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simpang ini memiliki derajat kejenuhan sebesar 1,01, yang mengindikasikan kapasitas jalan yang hampir penuh. Penerapan lampu lalu lintas dengan durasi fase yang efisien dapat memperbaiki
kinerja lalu lintas, dengan waktu hijau aktual untuk masing-masing arah sebesar 17 detik untuk sisi utara, 10 detik untuk sisi timur, dan 12 detik untuk sisi selatan.
Penelitian ini juga menyoroti pentingnya koordinasi sistem lampu lalu lintas yang baik untuk mengatur arus kendaraan dan mengurangi kecelakaan. Disarankan untuk segera menerapkan lampu lalu lintas di simpang tiga Sekaran, melakukan perbaikan infrastruktur jalan, serta melakukan studi lanjutan dan monitoring sistem yang diterapkan guna memastikan efektivitasnya.
===========================================================
This research aims to analyze the intersection capacity and the need for installing traffic lights at the Sekaran three intersection, Semarang City. This intersection is currently not equipped with traffic lights, resulting in less than optimal traffic performance, especially during rush hour. The analysis was carried out using the quantitative method to measure the degree of saturation and determine the
required duration of the traffic light phase. The research results show that this intersection has a saturation degree of 1.01, which indicates almost full road capacity. Implementing traffic lights with efficient phase durations can improve traffic performance, with the actual green time for each direction being 17 seconds for the north side, 10 seconds for the east side, and 12 seconds for the south side.
This research also highlights the importance of good traffic light system coordination to regulate vehicle flow and reduce accidents. It is recommended to immediately implement traffic lights at the Sekaran intersection, carry out road infrastructure improvements, and carry out further studies and monitoring of the implemented system to ensure its effectiveness.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lampu lalu lintas, simpang tiga Sekaran, derajat kejenuhan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:38 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 03:38 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1618 |