Hermawan, Budiyanto PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN TINGKAT HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIXUE DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG. Discussion Paper. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.
![[thumbnail of Laporan MPA Hermawan Budiyanto.docx]](http://repository.untagsmg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan MPA Hermawan Budiyanto.docx
Download (450kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dilingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang yang bertujuan untuk menganilisis kebenaran apakah ada Pengaruh Atribut Produk dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue di kalangan Mahasiswa. Di Indonesia sendiri model bisnis waralaba sangat banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Sehingga pada saat ini bisnis franchise di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. MIXUE Ice Cream & Tea merupakan waralaba internasional yang menawarkan minuman teh dan es krim segar. Perusahaan ini menyediakan berbagai minuman seperti bubble tea, fruit tea, milkshake, dan produk es krim penelitian ini populasinya yaitu pembeli produk MIXUE di kalangan mahasiswa UNTAG Semarang yang jumlahnya tidak terhingga. Sedangkan sampel yang diperlukan yaitu 50 mahasiswa sebagai pembeli produk MIXUE.
Peneliti menggunakan teknik non random sampling dengan cara saturation sampling (sampling jenuh). Adapun kuesioner terdapat 41 pertanyaan yang diantaranya ada 20 pertanyaan mengenai atribut produk (X1), 7 pertanyaan mengenai tingkat harga (X2), dan 14 pertanyaan mengenai keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hitungan Korelasi Ganda di atas, diperoleh r hitung 0,5148. Sedangkan nilai r tabel untuk signifikansi 1% dengan N50 yaitu 0,361. Sehingga r hitung r tabel atau 0,5148 0,361, maka adanya pengaruh atribut produk dan tingkat harga terhadap keputusan pembelian dapat dinyatakan DITERIMA. Maka dapat dikatakan bahwa adanya atribut produk (X1) dan tingkat harga (X2) terhadap keputusan pembelian produk MIXUE di lingkungan mahasiswa UNTAG Semarang (Y) mencapai 26,5%. Sehingga untuk mendapatkan hasil 100% maka sisa dari 26,5% sebesar 73,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil perhitungan statistik diperoleh koefisien korelasi ganda “Pengaruh Atribut Produk Dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Di Kalangan Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Semarang” menggunakan rumus koefisien korelasi ganda diperoleh r hitung sebesar 0,5148, sedangkan nilai r tabel dengan signifikansi 1% dengan N50 menunjukkan 0,361. Maka diperoleh bahwa r hitung r tabel yaitu 0,5148 0,361. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan adanya Pengaruh Antara Atribut Produk Dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Di Kalangan Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Semarang dapat DITERIMA.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang dikemukakan diterimakarena menunjukkan hasil uji hipotesis positif. Hal ini menandakan bahwa atribut produk dan tingkat harga memiliki pengaruh pada Keputusan pembelian produk Mixue pada individu yang ada di lingkungan UNTAG Semarang.
Item Type: | Monograph (Discussion Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Atribut Produk, Tingkat Harga, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63211 - S1 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik |
Date Deposited: | 12 May 2025 08:40 |
Last Modified: | 12 May 2025 08:40 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1649 |