Wahyu, Wirasati PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PENGGUNA SHOPEE DI LINGKUNGAN UNTAG SEMARANG. Discussion Paper. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.
![[thumbnail of LAPORAN MPA Wahyu Wirasati.docx]](http://repository.untagsmg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN MPA Wahyu Wirasati.docx
Download (454kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di lingkungan UNTAG Semarang, dengan memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui dan menganalisis apakah benar atau tidaknya pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan para pengguna Shopee di lingkungan UNTAG Semarang. Adanya perkembangan teknologi serta maraknya dunia digital, segala kebutuhan dapat dijangkau secara mudah menggunakan media online. Seiring berjalannya waktu beriringan dengan adanya pandemic Covid-19 membuat ramai penggunaan e-commerce, khususnya Shopee dalam usahanya untuk meraup banyak konsumen untuk mengunduh dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan memberikan berbagai jenis promosi. Adanya upaya dari para seller yang ada di Shopee yaitu memberikan pelayanan yang terbaik. Penilaian yang diberikan oleh para konsumen setelah memberi barang dapat mempengaruhi penilaian toko penjual. Pemberikan promosi yang sesuai dengan pelayanan serta produk yang dikirimkan akan memberikan nilai daya tarik kepada para konsumen, maka dapat menilai bagaimana nilai kepuasan para konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah penelitian eksplanatori. populasi pada penelitian ini yaitu pengguna Shopee (mahasiswa/i) yang ada di lingkungan UNTAG Semarang dengan jumlah yang tak terhingga, sampel sejumlah 50 responden dengan menggunakan teknik non random sampling dengan cara asidental. Pengumpulan data yang diaplikasikan yaitu observasi, kuesioner, dokumentasi, dan kepustakaan. Serta menggunakan teknik pengolahan data berupa editing, coding, dan tabulating. Adapun uji statistic menggunakan product moment dan korelasi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang dikemukakan diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis positif. Hal ini menandakan bahwa Promosi dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh pada Kepuasan Pengguna Shopee (mahasiswa/i) di lingkungan UNTAG Semarang.
Item Type: | Monograph (Discussion Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pengguna |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63211 - S1 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik |
Date Deposited: | 13 May 2025 07:33 |
Last Modified: | 13 May 2025 07:33 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1660 |