STUDI KOMPARASI GURU YANG SUDAH BERSERTIFIKASI DENGAN GURU YANG BELUM BERSERTIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU DI DABIN IV GUGUS Dr. SOETOMO KECAMATAN KAJEN, KABUPATEN PEKALONGAN

Rejeki, Sri (2022) STUDI KOMPARASI GURU YANG SUDAH BERSERTIFIKASI DENGAN GURU YANG BELUM BERSERTIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU DI DABIN IV GUGUS Dr. SOETOMO KECAMATAN KAJEN, KABUPATEN PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of sri rejeki- tesis.pdf] Text
sri rejeki- tesis.pdf

Download (448kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui perbedaan motivasi antara guru yang telah mendapatkan sertifikasi guru dengan guru yang belum mendapatkan sertifikasi di Dabin IV Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Kajen dan mengetahui perbedaan kinerja guru antara guru yang telah mendapatkan sertifikasi guru dengan guru yang belum mendapatkan sertifikasi di Dabin IV Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Kajen Populasi dalam penelitian adalah guru SD yang bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi di Dabin I dan Dabin IV Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Jumlah guru yang bersertifikasi di Dabin I sebanyak 52 orang dan guru yang belum bersertifikasi sebanyak 25 orang. Sedangkan di Dabin IV terdapat 62 orang bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi ada 26 orang. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji T dengan metode Mann-Whitney. Berdasarkan hasil uji t dengan Mann Whitney menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,034 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi guru bersertifikasi dibandingkan guru belum bersertifikasi. Guru bersertifikasi lebih banyak mempunyai motivasi yang sangat tinggi dibandingkan dengan guru belum bersertifikasi. Pada sampel penelitian Dabin IV sebesar 40,3% guru bersertifikasi dengan tingkat motivasi tergolong sangat tinggi sedangkan guru belum bersertifikasi hanya 23,1% dengan motivasi yang sangat tinggi dan menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,008 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru bersertifikasi dibandingkan guru belum bersertifikasi. Guru bersertifikasi lebih banyak mempunyai kinerja yang sangat tinggi dibandingkan dengan guru belum bersertifikasi. Pada sampel penelitian Dabin IV sebesar 53,8% guru bersertifikasi dengan tingkat kinerja tergolong sangat tinggi sedangkan guru belum bersertifikasi hanya 32,4% dengan kinerja yang sangat tinggi.
Kata Kunci: motivasi, kinerja, guru, bersertifikasi, komparasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: motivasi, kinerja, guru, bersertifikasi, komparasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63101 - S2 Administrasi Publik
Depositing User: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Date Deposited: 14 May 2025 07:21
Last Modified: 14 May 2025 07:21
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item
View Item