EFEKTIFITAS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PERWUJUDAN GOOD GOVERNANCE DI KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN

., Mustofa (2022) EFEKTIFITAS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PERWUJUDAN GOOD GOVERNANCE DI KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of mustofa-tesis.pdf] Text
mustofa-tesis.pdf

Download (465kB)

Abstract

Efektivitas pelayanan yang baik harus didukung oleh petugas petugas yang profesional, tanggug jawab, berkompeten, mampu memahami dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan bidang yang dibebankan pada dirinya. Petugas dituntut mampu menggunakan atau menguasai teknologi. Selain itu, petugas harus memiliki sifat yang ramah, sopan dalam tutur kata maupun perilakunya terhadap masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci (key informan) penelitian yaitu Sekretaris Kecamatan di Kantor Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Informan pendukung terdiri dari petugas pelayanan dan masyarakat Kecamatan Tirto. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan (a) Dimensi Tangibel (berwujud) Kecamatan Tirto belum melaksanakan secara baik terkait mengenai kenyamanan tempat, kemudahan pelayanan, kedisiplinan petugas, kemudahan akses dan penggunaan alat bantu. (b) Dimensi Reliability (kehandalan) Kecamatan Tirto masih kurang mengenai standar pelayanan yang belum jelas, kemampuan petugas yang masih kurang, serta belum ada keahlian yang dimiliki oleh petugas pelayanan. (c) Dimensi Assurance (jaminan) Kecamatan Tirto belum memiliki jaminan ketepatan waktu bagi pengguna layanan dan masih adanya biaya untuk birokrasi dalam layanan. (d) Dimensi Empathy (empati) Petugas Kantor Kecamatan melayani masyarakat dengan ramah dan sopan, namun petugas masih mendahulukan kepentingan pribadinya daripada kepentingan pengguna layanan. (2) Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu prasarana yang belum memadai, kurangnya petugas pelayanan, dan minimnya alat bantu. Sedangkan faktor eksternal yaitu pola layanan dan tata cara penyediaan layanan yang belum maksimal.
Kata kunci: kualitas pelayanan publik, pelayanan publik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan publik, pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63101 - S2 Administrasi Publik
Depositing User: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Date Deposited: 15 May 2025 08:06
Last Modified: 15 May 2025 08:06
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item
View Item