Sumarmo, Sumarmo PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMPERSAL (JAMINAN PERSALINAN) DI UPTD PUSKESMAS PENAWANGAN 1 KABUPATEN GROBOGAN DI MASA COVID 19. Discussion Paper. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.
![[thumbnail of Dr. Sumarmo, M.Si.docx]](http://repository.untagsmg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dr. Sumarmo, M.Si.docx
Download (452kB)
Abstract
Jampersal mempunyai tujuan untuk menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angkat Kematian Bayi). Adapun sasaran subyek dalam pelaksanaan Jampersal adalah Ibu hamil, Ibu bersalin, Ibu nifas yang belum memiliki jaminan pembiayaan persalinan (pasca melahirkan sampai 42 hari), dan Bayi baru lahir (0-28 hari), Dari 416 ibu bersalin di puskesmas penawangan 1 tahun 2021 tercatat ada 1 orang ibu bersalin yang meninggal pada masa nifas di karenakan penyakit jantung dan ada 11 bayi yang meninggal saat proses melahirkan dikarenakan infeksi kelamin dan ada 3 meninggal karena kurangnya kondisi kesehatan dari ibu. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien JAMPERSAL (Jaminan Persalinan) di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan di masa Covid 19, (2) Apakah ada pengaruh motivasi pegawai Puskesmas terhadap kepuasan pasien JAMPERSAL (Jaminan Persalinan) di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan di masa Covid 19, dan (3) Apakah ada Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan motivasi pegawai Puskesmas terhadap kepuasan pasien jampersal (jaminan persalinan) di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan di masa Covid 19” Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien JAMPERSAL (Jaminan Persalinan) di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan di masa Covid 19. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi pegawai Puskesmas terhadap kepuasan pasien JAMPERSAL (Jaminan Persalinan) di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan di masa Covid 19. (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan motivasi pegawai Puskesmas terhadap kepuasan pasien jampersal (jaminan persalinan) di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan di masa Covid 19.
Tipe penelitian ini adalah explanatory. Sampel penelitan diambil dengan cara Sampling Insidental yaitu tehnik pengambilan sampel secara acak, teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Hal ini dilakukan karena jumlah populasinya lebih dari 100 yaitu 416 populasi. Tehnik pengolahan data meliputi observasi, wawancara, kuisioner, dokumenter dan studi pustaka serta dalam menganalisa data menggunakan analisa kuantitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) dari perhitungan uji hipotesis variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pasien Jampersal menggunakan perhitungan korelasi product moment dapat diketahui bahwa nilai rx1y=0,219 kurang dari nilai rtabel 0,229. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh negatif antara pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Jampersal di Puskesmas Penawangan 1 Kec. Penawangan Kabupaten Grobogan, (2) dari perhitungan uji hipotesis variabel motivasi pegawai dan kepuasan pasien Jampersal menggunakan perhitungan korelasi product moment dapat diketahui bahwa nilai rx2y=0,557 melebihi dari nilai rtabel 0,229. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh motivasi pegawai terhadap kepuasan pasien Jampersal di Puskesmas Penawangan 1 Kec. Penawangan Kabupaten Grobogan, (3) dari hasil perhitungan korelasi product moment diketahui bahwa nilai r(x_1 x_2)y=0,253 kurang dari nilai rtabel =0,229 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh negatif antara kualitas pelayanan dan motivasi pegawai terhadap kepuasan pasien Jampersal di Puskesmas Penawangan 1 Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan.
Item Type: | Monograph (Discussion Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63101 - S2 Administrasi Publik |
Depositing User: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik |
Date Deposited: | 13 May 2025 09:03 |
Last Modified: | 13 May 2025 09:03 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1663 |