PENGARUH SUPERVISI DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOORDINATOR WILAYAH KECAMATAN WIRADESA BIDANG PENDIDIKAN KABUPATEN PEKALONGAN

Andriani, Meylia (2022) PENGARUH SUPERVISI DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOORDINATOR WILAYAH KECAMATAN WIRADESA BIDANG PENDIDIKAN KABUPATEN PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of meylia andriani-tesis.pdf] Text
meylia andriani-tesis.pdf

Download (455kB)

Abstract

ABSTRAK
Kinerja guru yang belum optimal berdampak pada kualitas capaian tujuan di satuan pendidikan belum memuaskan. Faktor rendahnya supervisi kepala sekolah dan penguasaan kompetensi guru menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru belum optimal.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis 3 pengaruh yaitu: 1) pengaruh supervisi terhadap kinerja guru. 2) pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. 3) pengaruh supervisi dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru.
Populasi adalah guru PNS Sekolah Dasar Negeri di Koordinator Wilayah Kecamatan Wiradesa Bidang Pendidikan Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 112 orang dan sampel sebanyak 15 orang di luar responden baku. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan qusioner responden. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Windows Versi 25.
Secara deskriptif hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi oleh kepala sekolah pada guru Sekolah Dasar Negeri di Koordinator Wilayah Kecamatan Wiradesa Bidang Pendidikan termasuk dalam kategori sangat baik dengan prosentase 68% dan kompetensi guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan prosentase 56% serta kinerja guru dalam kategori sangat baik dengan prosentase 72% yang dinyatakan dari 81 pendapat responden yang telah diteliti. Dengan analisis regresi sederhana diketahui terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi terhadap kinerja guru dengan nilai F hitung 15,100 > F tabel 3,08 dan angka signifikansinya 0,000 a = 0,05. Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai F hitung- 8,117 F tabel = 3,08 dan angka signifikansinya= 0,005 a 0,05. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan supervisi dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan nilai F hitung 7,607 > F tabel 3,08 dan angka signifikansinya = 0,001 <α = 0,05.
Berdasarkan penelitian ini disarankan kinerja guru perlu ditingkatkan dan guru harus menguasai serta mengaktualisasikan kompetensi yang dimilikinya. Supervisi oleh kepala sekolah untuk dilaksanakan secara terencana dan terjadwal mengingat mempunyai pengaruh besar terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Supervisi, Kompetensi, Kinerja

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Kompetensi, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63101 - S2 Administrasi Publik
Depositing User: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Date Deposited: 14 May 2025 06:55
Last Modified: 14 May 2025 06:55
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item
View Item