PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PEKALONGAN

., Giyono (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of giyono-tesis.pdf] Text
giyono-tesis.pdf

Download (370kB)

Abstract

ABASTRAK
Giyono, Program Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTAG Semarang, 2021, Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Pembimbing Dr. Rini Werdiningsih,MS. dan Drs. Nur Bagyo Utomo,M.Si.
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi terhadap kinerja guru di SMP N se kecamatan Karanganyar, kabupaten Pekalongan. Pemilihan sekolah dilakukan dengan teknik random sampling. Adapun sekolah yang dipilih yaitu SMP N 1 Karanganyar dan SMPN 2 Karanganyar. Responden sejumlah 64 guru di dua sekolah tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini memperoleh tiga temuan yaitu, Pertama, Berdasarkan uji korelasi, korelasi kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru sebesar 0.649 (kuat) lebih besar daripada korelasi motivasi terhadap kinerja guru sebesar 0.638 (kuat). Secara simultan, korelasi antara pedagogik dan motivasi terhadap kinerja guru sebesar 0.468 (cukup kuat). Kedua, berdasarkan uji R, pengaruh signifikansi, secara simultan kompetensi pedagogic dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 29.4%. Namun, kompetensi pedagogik memiliki pengaruh lebih positif dan signifikan terhadap kinerja guru dari pada motivasi. Artinya setiap terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru SMP se Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan akan meningkatkan kinerja guru. Ketiga, berdasarkan hasil penelitian ini,ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru,baik yang positif maupun negatif yaitu tingkat kesejahteraan guru, merasa dihargai, kelompok kerja dimana guru bergabung, jenis dan sifat pekerjaan, kejenuhan kerja, dan kecepatan dan ketepatan
Kata kunci: kompetensi pedagogik, motivasi kerja, kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, motivasi kerja, kinerja guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63101 - S2 Administrasi Publik
Depositing User: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Date Deposited: 14 May 2025 07:21
Last Modified: 14 May 2025 07:21
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item
View Item