PENGARUH KEPRIBADIAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI GUGUS KOLONEL SUGIYONO KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN

., Muyasaroh (2022) PENGARUH KEPRIBADIAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI GUGUS KOLONEL SUGIYONO KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

[thumbnail of muyasaroh-tesis.pdf] Text
muyasaroh-tesis.pdf

Download (489kB)

Abstract

ABSTRAK
Kinerja guru yang belum maksimal menyebabkan kualitas hasil belajar dan tujuan satuan pendidikan belum tercapai secara maksimal. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kinerja guru di satuan pendidikan sebagai masalah perlu dicarikan pemecahannya. Kepribadian kepala sekolah dan motivasi guru adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Kepribadian Kepala Sekolah Dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Gugus Kolonel Sugiyono Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri di Gugus Kolonel Sugiyono Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 68 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisa dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1) Ada pengaruh positif dan signifikan kepribadian kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 26.7%. Pengaruh positif ini berarti bahwa jika Kepribadian kepala sekolah semakin baik maka kinerja guru meningkat. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi guru terhadap kinerja guru sebesar 10.0%. Pengaruh positif ini berarti bahwa jika motivasi guru meningkat dalam melaksanakan tugasnya maka kinerja guru meningkat. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan kepribadian kepala sekolah dan motivasi guru terhadap kinerja guru sebesar 31.2%. Pengaruh positif ini berarti bahwa jika kepribadian kepala sekolah dan motivasi guru semakin baik dalam melaksanakan tugasnya maka kinerja guru meningkat.
Adapun saran sebagai berikut: 1) Kepala sekolah hendaknya menjaga suasana sekolah yang kondusif dengan menciptakan kondisi saling menghargai, pemberian tugas yang jelas, pengambilan keputusan, pengembangan prestasi, untuk mendukung terwujudnya Kepribadian Kepala Sekolah yang baik. 2) Motivasi guru harus tetap dijaga dan ditingkatkan, karena motivasi guru di Gugus Kolonel Sugiyono Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan masih ada yang berkategori cukup dalam melaksanakan tugasnya. Guru harus memiliki kemampuan dalam merencanakan progam pengajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan penilaian, melaksanakan ulangan harian, menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan serta mengadakan pengembangan bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
Kata Kunci: Kepribadian Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63101 - S2 Administrasi Publik
Depositing User: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Date Deposited: 14 May 2025 07:21
Last Modified: 14 May 2025 07:21
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item
View Item