Putranto, Rukman Hidayat Agus (2022) DEBIROKRATISASI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT : Studi Kasus Moderasi Sip TENAN Pada Dinas Tenaga Kerja (DPMPTSP NAKER) Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.
![[thumbnail of rukman hidayat-tesis.pdf]](http://repository.untagsmg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
rukman hidayat-tesis.pdf
Download (291kB)
Abstract
A. Kesimpulan
1. Moderasi layanan aplikasi Sip Tenan yang merupakan inovasi pelayanan publik di DPMPTSP dan NAKER Kabupaten Pekalongan sudah dapat dijadikan model debirokratisasi di sektor pelayanan perijinan.
2. Aplikasi layanan digital Sip TENAN yang merupakan inovasi pelayanan publik belum maksimal berkontribusi dalam memberikan kepuasan terhadap masyarakat, karena fitur-fitur belum sepenuhnya mengakomodir kebutuhan pelayanan masyarakat, dan prinsip-prinsip reliable, interopable, scalable dan user freindly belum terpenuhi secara optimal.
B. Saran saran
1. Agar dilaksanakan penyempurnaan aplikasi layanan digital Sip Tenan, sehingga di dalam aktivasi aplikasi tidak lagi membutuhkan alamat email dan user name serta password, cukup dengan mengimput NIK aplikasi sudah bisa on.
2. Aplikasi agar bisa dikembangkan lagi dan diperkuat dari sisi
reliabelitas, interopablelitas, scalablelitas dan user freindlynya.
Termasuk kemampuan bertintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain yang bisa saling mendukung.
....
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Birokrasi, SIP TENAN, Tenaga Kerja, Pelayanan, Kepuasan Masyarakat |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63101 - S2 Administrasi Publik |
Depositing User: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik |
Date Deposited: | 16 May 2025 02:55 |
Last Modified: | 16 May 2025 02:55 |
URI: | http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/1705 |