PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN KOMPETENSI BIDAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMPERSAL (JAMINAN PERSALINAN) DI UPTD PUSKESMAS PENAWANGAN 1 KABUPATEN GROBOGAN

LINGGA, ILHAM KHAIRUL SUKMA (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN KOMPETENSI BIDAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMPERSAL (JAMINAN PERSALINAN) DI UPTD PUSKESMAS PENAWANGAN 1 KABUPATEN GROBOGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG.

[thumbnail of LINGGA ILHAM.docx] Text
LINGGA ILHAM.docx

Download (180kB)

Abstract

Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Kompetensi Bidan Terhadap Kepuasan Pasien Jampersal (Jaminan Persalinan). penelitian ini di di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Kompetensi Bidan Terhadap Kepuasan Pasien Jampersal (Jaminan Persalinan). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory reesearch) dengan menggunakan metode survey, yaitu penelitian yang berusaha menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Jadi terdapat 42 pasien yang akan dijadikan sampel dalam melakukan penelitian di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan yang. teknik pengumpulan data meliputi: observasi, kuesioner, interview guide dan studi pustaka. Hasil penelitan : 1) Kualitas pelayanan kesehatan (Variabel X1), kontribusi kualitas pelayanan kesehatan belum mencapai nilai maksimal. Setelah dilakukan analisis data dengan pengukuran likert, di peroleh persentase sebesar 77,72%, sehingga dalam kategori sangat tinggi. 2) kompetensi bidan (Variabel X2), kontribusi kompetensi bidan belum mencapai nilai maksimal. Setelah dilakukan analisis data dengan pengukuran likert, di peroleh persentase sebesar 66,09%, sehingga dalam kategori tinggi. 3) Kepuasan pasien (Variabel Y), kontribusi setiap kepuasan pasien mengenai kualitas pelayanan kesehatan dan kompetensi bidan yang diberikan kepada pasien masih belum mencapai nilai maksimal. Setelah dilakukan analisis data dengan pengukuran likert, di peroleh persentase sebesar 56,91%, sehingga dalam kategori tinggi, dan 4) Hasil perhitungan statistik diperoleh koefisiensi korelasi ganda pengaruh kualitas pelayanan dan kompetensi bidan sehat sebesar 0,563. Nilai ini apabila dikorelasikan pada nilai-nilai product moment pada taraf signifikan 5% dengan N = 42, diketahui r tabel = 0,304, secara matematis dapat ditulis rh z > rt 5% (0,563 > 0,304). Dengan demikian hipotesa yang menyatakan ada pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan kompetensi bidan terhadap kepuasan pasien jampersal di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan, “Diterima”. Kemudian dalam analisis berganda, nilai F-test > F tabel 5% (9,049 > 3,22), maka ada pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan kompetensi bidan terhadap kepuasan pasien jampersal di UPTD Puskesmas Penawangan 1 Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kompetensi Bidan, Dan Kepuasan Pasien
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63201 - S1 Administrasi Publik
Depositing User: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Date Deposited: 18 May 2024 06:24
Last Modified: 18 May 2024 06:24
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item
View Item