ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DI KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO

AYUNI, MAKFIROH (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DI KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG.

[thumbnail of AYUNI MAKFIROH.docx] Text
AYUNI MAKFIROH.docx

Download (72kB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan suatu bentuk pelayanan yang diberikan oleh suatu penegak, dimana pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan penegakan peraturan perundang-undangan. Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat harus bertanggung jawab dan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk meningkatkan pelayanan publik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan publik dalam meningkatkan kepuasan pengguna layanan dalam dimensi Tangibel (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Respon/tanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empaty (Empati) yang diberikan di Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo. Tipe penelitian ini adalah 2 orang Pegawai Kecamatan Selomerto dan 6 orang Pengguna Layanan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian kualitas pelayanan publik di Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo dilihat dari dimensi Responsiviness (Respon/tanggapan), dimensi Assurance (Jaminan), dan dimensi dan Empaty (Empati) telah dilakukan dengan baik. Namun, dalam dimensi Tangibel (Berwujud) dan Reliability (Kehandalan) belum diterapkan sesuai dengan standar pelayanan. Adapun indicator yang belum berjalan sesuai dengan standar pelayanan yaitu (1) Dimensi Tangibel (Berwujud) yaitu kemudahan dalam proses pelayanan dan ketidaknyamanan tempat pelayanan, (2) Dimensi Reliability (Kehandalan) yaitu belum adanya sistem antrean baik secara manual maupun online pada pelayanan yang diberikan. Saran dalam penelitian ini adalah (1) peningkatan sosialisasi terhadap pengguna layanan mengenai persyaratan pengajuan permohonan (2) perbaikan jaringan server dan sarana prasarana (3) pembuatan sistem antrean pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Publik, Kecamatan Selomerto
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > 63201 - S1 Administrasi Publik
Depositing User: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Date Deposited: 28 May 2024 03:34
Last Modified: 28 May 2024 03:34
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item
View Item