PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA MENENGAH KECIL MIKRO (UMKM) MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN SEMARANG TENGAH

ADITYA BAGUS, PRASETYO and ', NURCHAYATI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA MENENGAH KECIL MIKRO (UMKM) MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN SEMARANG TENGAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG.

[thumbnail of COVER SKRIPSI_ADITYA BAGUS PRASETYO.pdf] Text
COVER SKRIPSI_ADITYA BAGUS PRASETYO.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PENGESAHAN_ADITYA BAGUS PRASETYO.pdf] Text
PENGESAHAN_ADITYA BAGUS PRASETYO.pdf

Download (125kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap kinerja pemasaran dan mengetahui pengaruh kompetensi wirausaha terhadap kinerja pemasaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data yaitu data primer. Metode pengumpulan data melalui kusioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM Di Kecamatan Semarang Tengah yang jumlahnya sebanyak 520 UMKM. Teknik penentuan sampel yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu sejumlah 84 UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hal ini menunjukkan jika digital marketing semakin ditingkatkan maka kinerja pemasaran akan semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,021 > t tabel 1,990 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < α = 0,05 sehingga signifikan.. Digital marketing memiliki pengaruh sebesar 0,357 terhadap nilai kinerja pemasaran. Kompetensi wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hal ini menunjukkan jika kompetensi wirausaha semakin ditingkatkan maka kinerja pemasaran akan semakin meningkat. Hal ini nilai t hitung sebesar 3,271 > t tabel 1,990 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < α = 0,05 sehingga signifikan. Kompetensi wirausaha memiliki pengaruh sebesar 0,386 terhadap nilai kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomika & Bisnis > 61201 - S1 Manajemen
Depositing User: Fakultas Ekonomika & Bisnis
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:22
Last Modified: 06 Jun 2024 03:22
URI: http://repository.untagsmg.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item
View Item